Cara Menghapus Aplikasi Bawaan HP Android Dengan Cara Yang Benar




Sobat kabar gadget, sebagian orang pasti akan merasa kesal dan kecewa apabila HP android yang biasa digunakan sehari-hari semakin lama semakin lemot dan berat.

Dalam menjalankan aplikasi tertentu, sehingga hal demikian membuat Anda harus mencari smartphone yang baru dan membuang HP android yang lama.

Tapi perlu diingat jika Anda membeli smartphone yang baru, Anda harus melihat bahwa di dalam smartphone tersebut sudah terpasang beberapa macam aplikasi, dimana sudah disesuaikan dengan kondisi HP Anda.

Namun karena kita terkadang ingin menambah aplikasi-aplikasi lain yang lebih bagus lagi, hal tersebut tentu akan membuat kerja HP android Anda menjadi lemot dan berat.

Aplikasi-aplikasi yang sudah terpasang sejak awal di dalam sebuah smartphone android tersebut seringkali dikenal dengan sebutan aplikasi bawaan atau bloatware. 

Masalahnya, seringkali aplikasi bawaan tersebut tidak terlalu bermanfaat. Sayangnya, banyak orang yang belum tahu bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan android tersebut.

Sebenarnya, menghapus bloatware itu sangatlah mudah. Ada 2 cara yang bisa Anda gunakan untuk menghapus aplikasi-aplikasi bawaan atau bloatware di dalam smartphone android Anda.

Jika Anda ingin mengurangi beban memori internal dan juga RAM smartphone Anda, baca 2 cara menghapus aplikasi bawaan android tersebut lebih lanjut di artikel ini.



2 Cara Mudah Menghapus Aplikasi Bawaan Android (Bloatware)


Sumber gambar : Ktekno


Bagi Anda yang merasa tidak membutuhkan aplikasi bloatware android di dalam smartphone, sebenarnya Anda bisa menghapusnya.

Namun demikian, memang terkadang ada beberapa merek smartphone yang tidak mengijinkan Anda untuk menghapus aplikasi bloatware secara permanen.

Sementara itu penggunaan HP yang semakin lemot dan berat diakibatkan oleh banyaknya aplikasi dimana penggunaan aplikasi tersebut sebenarnya kurang atau juga tidak terlalu diperlukan oleh Anda.

Namun Anda selalu menumpuk di homepage android atau disebut juga menu pintasan sebagai koleksi atau penghias aplikasi yang berderet di HP Anda.

Berikut ini adalah 2 cara menghapus aplikasi bawaan android yang bisa dilakukan dengan sangat mudah:

Menghapus secara langsung dari sistem android

cara menghapus aplikasi bawaan android yang pertama adalah langsung dari sistem android Anda. Cara pertama ini memang tidak selalu bisa dilakukan di semua merek smartphone.

Sebab setiap pabrikan HP android mempunyai karakter khusus dalam penempatan metode penghapusan aplikasi yang tidak bisa dilakukan dengan cara manual.

Untuk menghapus bloatware android langsung dari sistemnya, Anda bisa membuka App Manager. Setelah itu, pilih aplikasi-aplikasi bloatware yang ingin Anda hapus.

Bagi smartphone yang hanya memberikan ijin untuk mematikan aplikasi bloatware dan tidak memperbolehkan Anda untuk menghapusnya secara permanen.

Anda bisa menggunakan cara menghapus aplikasi bawaan android kedua.

Menghapus menggunakan bantuan aplikasi lain

Bila smartphone Anda tidak mengijinkan Anda untuk menghapus aplikasi bloatware secara permanen, maka mau tidak mau Anda harus menggunakan bantuan aplikasi tambahan sebagai cara menghapus aplikasi bawaan android.

Dimana hal tersebut sebenarnya sangat mudah dilakukan dan tidak harus mempunyai keterampilan khusus dalam menjalankannya.

Ada banyak sekali aplikasi yang bisa membantu menghapus aplikasi bloatware atau bloatware dari smartphone Anda.

Salah satu aplikasi yang bisa menghapus aplikasi bawaan dari smartphone android Anda adalah App Remover.

Aplikasi tersebut bisa Anda unduh langsung dari Google Playstore secara gratis.


Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Menggunakan App Remover

Bagi Anda yang ingin menghapus aplikasi bawaan android secara permanen, Anda bisa menggunakan bantuan App Remover.

Pertama-tama, pastikan Anda sudah mengunduh dan juga memasang aplikasi App Remover di dalam smartphone Anda.

Jika Anda sudah memasang App Remover di dalam smartphone Anda, maka Anda bisa mengikuti cara menghapus aplikasi bawaan android secara permanen berikut ini:
  • Buka App Remover. 
  • Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus secara permanen. 
  • Tunggu proses sampai selesai (usahakan jangan menggunakan HP Anda terlebih dahulu sebelum proses penghapusan aplikasi bawaan selesai). 
  • Jika proses penghapusan aplikasi bawaan sudah selesai, selanjutnya bersihkan cache aplikasi bawaan yang masih tertinggal di dalam sistem dengan cara membuka menu storage kemudian clean cache.



Sebelum mempraktekkan cara menghapus aplikasi bawaan android menggunakan aplikasi App Remover, sebaiknya pastikan bahwa Anda memang tidak membutuhkan aplikasi bawaan dan aplikasi tersebut benar-benar tidak dibutuhkan oleh sistem.

Menghapus bloatware yang digunakan di dalam sistem terkadang bisa menyebabkan beberapa aplikasi lain tidak bisa berjalan secara normal.

Dalam beberapa kasus macet dan hang aplikasi android sebagian besar disebabkan oleh crash pada aplikasi yang sedang digunakan.

Dan aplikasi yang tersembunyi dimana sobat lupa untuk menonaktifkan sehingga kebutuhan RAM HP Anda menjadi berat dan harus dilakukan penghapusan aplikasi jika di rasa itu sangat perlu dilakukan.

Semoga informasi diatas membantu sobat kabar gadget dalam mengembalikan fungsi dan aplikasi android dengan lancar dan benar.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel